Sabtu, 06 November 2010

OBAT TRADISIONAL DAN BAGIAN TANAMAN YANG BERKHASIAT OBAT TRADISIONAL DAN BAGIAN TANAMAN YANG BERKHASIATOBAT TRADISIONAL DAN BAGIAN TANAMAN YANG BERKHASIAT OBAT TRADISIONAL DAN BAGIAN TANAMAN YANG BERKHASIAT


Obat tradisional adalah obat-obatan yang diolah secara tradisional, turun-temurun, berdasarkan resep nenek moyang, adat-istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan setempat, baik bersifat magic maupun pengetahuan tradisional. Menurut penelitian masa kini, obat-obatan tradisional memang bermanfaat bagi kesehatan, dan kini digencarkan penggunaannya karena lebih mudah dijangkau masyarakat, baik harga maupun ketersediaannya. Obat tradisional pada saat ini banyak digunakan karena menurut beberapa penelitian tidak terlalu menyebabkab efek samping, karena masih bisa dicerna oleh tubuh.
Beberapa perusahaan mengolah obat-obatan tradisional yang dimodifikasi lebih lanjut. Bagian dari Obat tradisional yang bisa dimanfaatkan adalah akar, rimpang, batang, buah, daun dan bunga. Bentuk obat tradisional yang banyak dijual dipasar dalam bentuk kapsul, serbuk, cair, simplisia dan tablet.
Penggunaan tanaman berkhasiat sebagai obat untuk penyembuhan berbagai penyakit dikenal juga sebagai obat herbal (alami). Obat-obatan herbal ini sama sekali tidak menggunakan bahan-bahan kimia sebagai campurannya; tidak seperti obat-obatan kimiawi yang banyak di jual di apotek .

Yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan baku untuk obat herbal adalah sebagai berikut: aroma, rasa, kandungan zat dalam bahan dan sebagai nya. Ketepatan pemilihan bahan baku untuk obat herbal tidak semata-mata hanya pada jenis tanaman, tetapi juga bagian tanaman yang akan digunakan. Hal ini di sebabkan setiap bagian tanaman memiliki khasiat atau kegunaan yang berbeda.

Bagian dari tanaman dan contohnya; yang biasanya digunakan sebagai obat adalah sebagai berikut:
  • Akar: Ginseng, pasak bumi
  • Rimpang: Jahe, kencur, kunyit, lengkuas
  • Batang: brotowali
  • Daun: sirih, daun dewa, daun jambu, katuk
  • Buah: Belimbing wuluh, rambutan, jeruk nipis
  • Kulit buah: Mahkota dewa
  • Air buah: Kelapa Hijau
Sumber: http://i-herbal.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar